13 Jan 2012

Kismis, Si Kecil Manis Berkhasiat


Kecil coklat kehitaman dengan manis yang khas, demikianlah kismis. Kismis adalah buah anggur yang dikeringkan, terdiri dari fruktosa murni 70% dan mengandung serat, antioksidan, zat besi, potasium, dan kalsium. Kismis juga mengandung fitonutrien dan merupakan sumber mineral penting: boron.

Ketika diproses menjadi kismis, anggur kehilangan beberapa fenol menguntungkan akibat proses pengeringan anggur. Tapi buah anggur menunjukkan paling sedikit terpengaruh oleh proses tersebut dibandingkan dengan buah kering lainnya seperti aprikot dan buah prune, sehingga pengeringan anggur masih lebih baik.

Manfaat kismis
Dalam karyanya Thibbun Nabawi (Pengobatan Nabi), Al-Imam Ibnul Qoyyim –Rahimahullah- merekomendasikan kismis yang terbaik yaitu yang berstruktur besar atau banyak isinya, berkulit tipis, dan tanpa biji. Karena menurut beliau manfaat kesehatan dari kismis terdapat di dalam dagingnya. Beliau menyatakan bahwa manfaat kismis meliputi untuk trakea, dada, paru-paru, dan nyeri ginjal dan kandung kemih.

Manfaat lain yang beliau sebutkan adalah untuk memperkuat perut, membantu pencernaan, melancarkan buang air besar, serta baik untuk ingatan. Sebagaimana buah-buahan lain yang sarat gula alami, maka kismis juga tidak direkomendasikan untuk penderita diabetes.

Penelitian Khasiat Kismis
Kesehatan Tulang. Kismis adalah salah satu makanan terbaik yang memberi kontribusi boron dalam makanan. Boron merupakan mineral penting untuk kesehatan dan masalah osteoporosis. Boron diperlukan untuk mengkonversi estrogen dan vitamin D menjadi bentuk yang paling aktif. Penelitian telah menunjukkan bahwa boron memberikan perlindungan terhadap osteoporosis dan dapat mereproduksi efek positif estrogen pada wanita post-menopause.

Degenerasi Makula. Sebuah studi yang diterbitkan dalalm archives of ophthalmology menemukan bahwa makanan buah sehari-hari, termasuk buah kering, bisa menurunkan risiko yang berkaitan dengan usia tua yaitu degenerasi makula. Penyakit ini adalah penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa yang menjelang tua.
Penyimpanan Kismis
Untuk memperpanjang masa simpan kismis dan untuk mencegah mereka dari menjadi kering, mereka dapat disimpan dalam lemari es.
Kismis yang paling baik adalah jika dikomsumsi dalam kurun waktu kurang dari enam bulan penyimpanan.
Kismis kering komersial, dan buah kering lainnya, ada yang diperlakukan dengan sulfur dioksida atau belerang yang mengandung senyawa bahan pengawet untuk membantu mencegah oksidasi, pemutihan warna dan untuk memperpanjang umur simpannya. Sulfur dioksida sendiri adalah beracun ketika dihirup. Meskipun tidak terhirup ketika makan buah-buahan kering yang diperlakukan dengan gas tersebut, namun residu yang tertinggal pada buah telah mengubah nilai gizi dan dapat memiliki efek samping bagi tubuh. Karena itu, disarankan untuk memeriksa label kemasannya ketika membeli semua buar kering, dan menghindari makanan yang diawetkan dengan sulfit. (tim naskah)

0 komentar:

Posting Komentar